SATUAN
ACARA PENYULUHAN
Topik : Cara Menggosok Gigi
Yang Baik Dan Benar
Sub Pokok Bahasan : Pengertian Dan Manfaat Dari Cara
Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar
Sasaran : Anak SD & PAUD
Tempat
:
Waktu : 30 Menit
A.
Analisa
Situasi
1.
Jumlah
peserta 38 orang, umur rata-rata 7 tahun, peserta belum mengetahui cara
menggosok gigi dengan baik dan benar
2.
Kelas/Ruangan
a.
Ukuran
ruang/kelas : 4x6 mm
b.
Keadaan
penerangan dan ventilasi : Baik
c.
Prasarana
yang tersedia : Kursi
dan Meja
B.
Tujuan
instruksional umum
Setelah mengikuti penyuluhan dan mendapatkan penjelasan tentang
menggosok gigi, peserta diharapkan mengetahui cara menggosok gigi dengan baik
dan benar
C.
Tujuan
instruksional khusus
Setelah dilakukan penyuluhan, peserta diharapkan mampu:
1.
Peserta
dapat menjelaskan pengertian menggosok gigi
2.
Peserta
dapat menjelaskan manfaat menggosok gigi
3.
Peserta
dapt menjelaskan akibat bila tidak menggosok gigi
4.
Peserta
dapat menjelaskan waktu yang tepat untuk menggosok gigi
5.
Peserta
dapat menjelaskan cara menggosok gigi yang baik dan benar
D.
Materi
1.
Pengertian
menggosok gigi
2.
Manfaat
menggosok gigi
3.
Akibat
bila tidak menggosok gigi
4.
Waktu
yang tepat untuk menggosok gigi
5.
Cara
menggosok gigi yang baik dan benar
E.
Matode
1.
Ceramah
2.
Diskusi
/ Tanya jawab
F.
Media
1.
Demonstrasi
2.
Flip-Chart
G.
Kegiatan
Penyuluhan
No
|
WAKTU
|
KEGIATAN PENYULUHAN
|
KEGIATAN PESERTA
|
1.
|
3 Menit
|
Pembukaan:
-
Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam
-
Memperkenalkan Dari
-
Menjelaskan tujuan dari penyuluhan
-
Menyebut materi yang akan diberikan
|
-
Menjawab Salam
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
-
Memperhatikan
|
2.
|
15 Menit
|
Pelaksanaan:
-
Menjelaskan tentang pengertian menggosok gigi
-
Menjelaskan tentang manfaat menggosok gigi
-
Menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk menggosok gigi
-
Menjelaskan akibat bila tidak menggosok gigi
-
Menjelaskan cara menggosok gigi dengan baik dan benar
-
Memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya
|
-
Memperhatikan
-
Memperhatikan
-
Memperhatikan
-
Memperhatikan
-
Memperhatikan
-
Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan
|
3.
|
10 Menit
|
Evaluasi:
-
Menanyakan kepada peserta tentang materi yang telah diberikan, dan
reinforcement kepada siswa Kelas 1 SD yang dapat menjawab pertanyaan.
|
-
Menjawab pertanyaan
|
4.
|
2 Menit
|
Terminasi:
-
Mengucapkan terimakasih atas peran peserta
-
Mengucapkan salam penutup
|
-
Mendengarkan
-
Menjawab Salam
|
H.
Kriteria
Evaluasi
1.
Evaluasi
Struktur
a.
Peserta
hadir di tempat penyuluhan
b.
Penyelenggaraan
penyuluhan Ruang Kelas 1 SD
c.
Pengkordinasian
penyelenggara dilakukan setelah peserta penyuluhan seleksi
2.
Evaluasi
Proses
a.
Peserta
antusias terhadap materi penyuluhan
b.
Peserta
mengikuti jalanya penyuluhan sampai selesai
c.
Peserta
mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar
3.
Evaluasi
Hasil
a.
Peserta
mengetahui pengertian menggosok gigi
b.
Peserta
mengetahui tujuan menggosok gigi
c.
Peserta
mengetahui akibat bila tidak menggosok gigi
d.
Peserta
mengetahui waktu yang tepat untuk menggosok gigi
MENGGOSOK GIGI
(SIKAT GIGI)
A.
Pengertian
menggosok gigi
Kegiatan rutin yang selalu kita
lakukan tiap hari, setidaknya 2 kali sehari kita menggosok gigi.
B.
Tujuan
menggosok gigi
1.
Gigi
tampak bersih dan putih
2.
Mengurangi bau mulut
3.
Mencegah
sakit gigi ( misalnya: caries gigi atau gigi berlubang)
C.
Akibat
bila tidak menggosok gigi
1.
Gigi
menjadi kuning kecoklatan
2.
Bau
mulut bertambah
3.
Sakit
gigi
D.
Waktu
yang tepat untuk menggosok gigi
1.
Minimal
kita menggosok/menyikat gigi dua kali dalam sehari yaitu pagi setelah sarapan
dan kedua menjelang tidur
2.
Yang
paling ideal sebaiknya menyikat gigi setelah makan dan menjelang tidur
3.
Apabila
kita tidak mampu menggosok gigi setelah
makan, dianjurkan untuk kumur-kumur dengan air yang bersih untuk mengurangi
sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi.
E.
Cara
Menggosok Gigi Yang Benar
1.
Sikat
gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah
perbatasan antara gigi dengan gusi
2.
Gerakan
sikat dengan lembut dan memutar. Sikat bangian luar permukaan setiap gigi atas
dan bawah dengan posisi 45 derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa
makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan.
3.
Bersihkan
permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan
maju mundur, atau mungkin boleh juga dengan sedikit diputar sebanyak 10-20 kali
gosokan juga. Lakukan pada rahang atas terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan
rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah
gigi.
4.
Gunakan
hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan
sehingga bulu sikat tidak membengkok. Biarkan bulu sikat membersihkan cela-cela
gigi. Rubah posisi sikat sesering mungkin.
5.
Bersihkan
permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan
menggunakan teknik modifikasi bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri.
Untuk lengkung gigi bangian depan dapat anda bersihkan dengan cara memegang
sikat gigi secara vertical menghadap ke depan. Lalu gunakan ujung sikat dengan
gerakan menarik dari gusi kearah mahkota gigi. Lakukan pada rahang atas
terlebih dulu dan dilanjutkan dengan rahang bawah.
6.
Sikat
lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar nafas lebih segar
7.
Pilihlah
sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut karena yang keras dapat membuat gusi
terluka dan menimbulkan abrasi pada gigi, yaitu penipisan struktur gigi
terutama di sekitar garis gusi. Abrasi dapat membuat bakteri dan asam
menghabiskan gigi karena lapisan keras pelindung enamel gigi telah terkikis.
8.
Ganti
sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak dan simpan di tempat yang kering
sehingga dapat mongering setelah dipakai.
9.
Jangan
pernah meminjamkan sikat gigi anda kepada orang lain karena sikat gigi
mengandung bakteri yang dapat berpindah dari orang yang satu ke yang lain meski
sikat sudah dibersihkan.
F.
Kriteria
struktur
1.
Evaluasi
Struktur
a.
Peserta
hadir di tempat penyuluhan
b.
Penyelenggara
penyuluhan di ruang Kelas 1 SD
2.
Evaluasi
Proses
a.
Peserta
antusias terhadap materi penyuluhan
b.
Peserta
mengikuti jalanya penyuluhan sampai selesai
c.
Peserta
mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar
3.
Evaluasi
Hasil
a.
Peserta
mengetahui pengertian menggosok gigi
b.
Peserta
mengetahui tujuan menggosok gigi
c.
Peserta
mengetahui akibat bila tidak menggosok gigi
d.
Peserta
mengetahui waktu yang tepat untuk menggosok gigi
e.
Peserta
mengetahui cara menggosok gigi yang benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar